Kam. Des 8th, 2022

Konsep rumah minimalis banyak diminati di berbagai belahan dunia. Ada sejumlah alasan konsep ini sangat digemari. Salah satunya adalah kesederhanaan yang ada pada desain rumah minimalis. Walaupun minimalis dan sederhana, rumah tetap dapat menjadi hunian yang nyaman bagi penghuninya.

Untuk menciptakan rumah minimalis yang nyaman, Anda melakukan berbagai cara. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merealisasikan rumah minimalis impian.

1. Memperhatikan Kebutuhan dan Lifestyle

Sebelum merealisasikan rumah minimalis impian dengan membuat sebuah denah, Anda harus mengetahui kebutuhan Anda dan keluarga. Selain kebutuhan, Anda harus memahami gaya hidup keluarga Anda.

Dengan memahami kebutuhan dan gaya hidup, Anda akan lebih mudah dalam menentukan hal yang perlu atau tidak perlu direalisasikan dalam denah rumah minimalis.

2. Pengerjaan Detail Ruangan pada Denah Rumah

Saat merancang denah rumah minimalis, Anda tidak perlu langsung mengerjakan denah setiap ruangan secara detail sekaligus. Pengerjaan sekaligus justru akan membuat Anda kebingungan.

Anda bisa mengerjakan detail denah ruangan satu per satu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan konsep dari setiap ruangan dalam rumah minimalis. Perencanaan denah rumah akan terlihat lebih rapi apabila Anda mengerjakannya dengan seksama dan tidak terburu-buru.

3. Pemilihan Mebel yang Digunakan

Bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki sejumlah mebel, Anda bisa menggunakan mebel tersebut pada rumah minimalis baru Anda. Anda bisa memilih beberapa mebel yang masih berfungsi dengan baik.

Anda sebaiknya menggunakan mebel yang memang benar-benar dibutuhkan. Hindari untuk menggunakan terlalu banyak mebel karena akan mempersempit rumah minimalis Anda.

Anda bisa memilih mebel lama yang benar-benar Anda butuhkan. Anda juga bisa membeli mebel baru sebagai pengganti dari mebel lama yang telah rusak atau using.

4. Merencanakan Tempat Penyimpanan Barang

Agar ruangan dalam rumah minimalis tetap terlihat bersih dan tidak berantakan, Anda bisa merancang beberapa tempat penyimpanan barang. Setiap barang harus memiliki tempatnya sendiri agar rumah tetap tertata rapi.

Dengan merencanakan tempat penyimpanan, Anda akan lebih mudah mengatur letak barang setelah selesai digunakan.

Rumah minimalis biasanya menggunakan mebel yang dirancang multifungsi. Selain digunakan sebagaimana fungsinya, mebel tersebut memiliki banyak ruang penyimpanan tersembunyi.

Contoh mebel yang multifungsi adalah lemari kosmetik di balik cermin, laci penyimpanan di bawah kasur, penyimpanan tersembunyi di bawah sofa, dan lain sebagainya.

5. Mencari Inspirasi Desain Rumah

Sebelum menentukan rancangan desain rumah minimalis, Anda bisa mencari inspirasi desain terlebih dahulu. Anda bisa mencari inspirasi melalui internet dengan mengunjungi sejumlah website penyedia desain rumah. Anda juga bisa mencari inspirasi dengan melakukan survei ke beberapa tempat.

Anda bisa mencari inspirasi desain rumah minimalis yang cocok dan sesuai dengan gaya hidup Anda. Desain rumah ini diperlukan agar Anda tidak kebingungan saat melakukan pemilihan jenis lantai, pemilihan dinding dan warnanya, gaya mebel yang akan diterapkan, hingga pemilihan material atap dan warnanya.

Selain melalui internet dan survei, Anda juga bisa berkonsultasi dengan jasa profesional untuk mendapatkan inspirasi rumah minimalis. Dengan menggunakan jasa profesional, Anda akan lebih mudah merealisasikan rumah impian Anda.

Jasa profesional yang bisa membantu Anda dalam hal perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan rumah minimalis diantaranya arsitek, kontraktor, hingga jasa interior designer.

Berbagai jasa yang dapat membantu Anda dalam merealisasikan rumah minimalis bisa Anda temukan di Sejasa.com. Melalui platform digital tersebut, Anda akan lebih mudah menemukan berbagai jasa profesional terdekat dan terpercaya. Segera kunjungi Sejasa.com untuk mendapatkan pengalaman menemukan jasa profesional dengan mudah!