Rab. Agu 17th, 2022

Jika Anda memiliki usaha, rumah toko atau ruko bisa dijadikan sebagai salah satu aset properti yang menarik. Ruko tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha. Anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat tinggal.

Ruko biasanya didesain dua hingga tiga lantai. Ruko termasuk bangunan multifungsi. Pada lantai dasar, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat usaha. Lantai dua pada ruko dapat dimanfaatkan sebagai kantor. Untuk lantai teratas, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat tinggal.

Ruko mempunya fungsi dan kegunaan yang spesifik. Oleh sebab itu, Anda harus lebih cermat dalam memilih bangunan ruko. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih bangunan ruko sebagai tempat usaha.

1. Pilih lokasi sesuai target pasar yang diharapkan

Sebelum memulai bisnis, Anda pasti membuat target pasar dari bisnis yang digeluti. Anda harus memahami target pasar agar usaha Anda dapat berkembang. Untuk itu, Anda harus memilih lokasi ruko sesuai dengan target pasar yang diharapkan.

Anda juga perlu mempertimbangkan ruko yang mudah diakses oleh calon pelanggan. Usahakan pula untuk memilih ruko yang dekat dengan berbagai fasilitas umum maupun keramaian.

Jika Anda memilih lokasi ruko tanpa adanya pertimbangan apapun, maka hal tersebut akan berdampak kepada jalannya usaha. Usaha Anda tidak akan berjalan dengan baik bahkan merugi.

2. Periksa kondisi bangunan ruko

Saat Anda ingin membeli ruko, kondisi bangunan perlu Anda perhatikan. Jika Anda ingin segera memulai usaha, sebaiknya Anda memilih bangunan ruko yang kondisinya masih baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan renovasi.

Bagi Anda yang baru merintis usaha dengan modal yang minim. Anda tidak harus membeli bangunan ruko. Sebagai gantinya, Anda bisa menyewa unit ruko sesuai kebutuhan.

Di kota besar seperti Makassar, banyak pemilik ruko yang menyewakan unitnya baik untuk tempat usaha, perkantoran, maupun tempat tinggal. Harga sewa ruko Makassar bervariasi karena disesuaikan dengan lantai yang ingin disewa.

Pastikan harga sewa ruko sesuai dengan bangunan yang Anda dapat. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga sewa murah, sedangkan kondisi bangunan banyak mengalami kerusakan.

Apabila Anda memiliki budget minim namun tetap ingin membeli ruko, maka ruko bekas atau second bisa dijadikan pilihan. Walaupun bekas, Anda tetap harus memperhatikan dan menghitung biaya renovasi bangunan. Jangan tergiur dengan harga beli ruko bekas yang murah karena bisa jadi kondisi bangunannya tidak layak huni.

3. Periksa berbagai hal yang berkaitan dengan perizinan

Saat Anda membeli maupun menyewa ruko, Anda harus memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan perizinan. Anda harus memastikan bahwa bangunan tidak dibangun di atas tanah sengketa.

Jika Anda membeli atau sewa ruko untuk usaha, pastikan banguan telah memiliki ijin sebagai tempat usaha. Perizinan sangat penting untuk diperiksa sebelum Anda membeli atau sewa ruko. Jangan sampai Anda mengalami permasalahan dan berurusan dengan jalur hukum karena acuh terhadap perizinan ruko.

4. Cek fasilitas dasar bangunan

Fasilitas dasar yang harus dimiliki sebuah bangunan adalah listrik dan air. Kedua fasilitas dasar tersebut harus Anda perhatikan dengan seksama demi kelancaran usaha yang dijalankan.

Anda harus mengecek kapasitas listrik yang tersedia di ruko. Pastikan kapasitas listrik yang Anda butuhkan sudah sesuai dan dapat mengakomodasi kelancaran usaha. Misalnya saja, Anda ingin membuka usaha warnet maka kapasitas listrik yang dibutuhkan harus besar dan mampu menampung daya dari semua komputer.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengecek sistem pembayaran listrik. Cek sistem pembayaran listrik pada gedung, apakah token, prabayar, atau pascabayar. Pilih sistem pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Sama seperti listrik, kualitas air juga perlu Anda perhatikan. Jika Anda memulai usaha dibidang kuliner, toko swalayan, tempat cuci mobil, atau klinik, maka kualitas air menjadi perhatian utama.

Jika kualitas air di ruko Anda buruk, maka pelanggan akan merasa tidak nyaman. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan terhadap usaha Anda.

5. Periksa keamanan lingkungan sekitar

Sebelum memutuskan untuk memilih ruko untuk dibeli maupun sewa, Anda harus mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Pastikan ruko yang Anda pilih memiliki tingkat kriminalitas rendah.

Apabila bangunan ruko yang Anda pilih berada di lingkungan dengan kriminalitas tinggi, pelanggan akan enggan untuk datang.

Agar ruko Anda tetap dalam kondisi aman, Anda bisa memasang CCTV atau alarm anti maling. Dengan memasang CCTV, pelanggan akan merasa aman. Selain itu, usaha Anda juga rentan terhadap tindakan kriminal.

6. Pilih ruko sesuai kebutuhan, ruko kosong atau full furniture

Saat Anda menyewa ruko, Anda diberi pilihan ruko kosong atau yang sudah terdapat perabot di dalamnya. Sebaiknya Anda memilih ruko kosong agar lebih mudah dalam penataannya.

Anda bisa memilih perabot sesuai dengan kebutuhan usaha untuk mengisi ruko kosong. Ruko kosong juga memiliki kelebihan tersendiri karena harga beli atau sewanya lebih murah.

Itulah tadi 6 tips memilih ruko sebagai tempat usaha. Baik beli maupun sewa ruko dapat menerapkan tips di atas dalam hal pemilihan bangunan.