Kam. Des 8th, 2022

Setiap orang yang baru pulang ke rumah setelah liburan dari Bali memang tidak diwajibkan untuk membawa oleh-oleh, tetapi jika pulang dengan tangan kosong tentunya seperti ada yang aneh. Apalagi keluarga sudah menunggu untuk dibawakan oleh-oleh bisa berupa pakaian, aksesoris, atau cemilan khas daerah. Tentunya di Bali ada banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli untuk keluarga di rumah, salah satunya adalah hasil kerajinan tangan masyarakat yang selama ini tinggal di Pulau Dewata. Bahkan banyak wisatawan lokal atau mancanegara yang membeli hasil kerajinan dalam jumlah yang cukup banyak untuk dibagikan kepada keluarga. Penasaran dengan hasil kerajinan dari Bali yang bisa juga dijadikan cinderamata untuk keluarga? ini daftarnya.

Patung

Hasil kerajinan pertama yang bisa dibeli langsung dari penjual di Bali adalah patung dalam berbagai bentuk. Ada patung yang berbentuk seperti naga hingga binatang yang dijual kepada wisatawan dengan ukuran yang kecil hingga sedang. Pahatan pada patung tentunya mempunyai unsur seni yang tinggi karena menghasilkan ukiran yang cukup rumit, maka itu wajar saja jika banyak yang beli patung sebagai oleh-oleh untuk dipajang di rumah atau kantor.

Tas dari bahan rotan

Selanjutnya ada tas yang dibuat dari bahan rotan dan sangat cocok sekali dikenakan oleh perempuan. Proses produksi tas rotan yang termasuk dalam produk lokal ini tentunya dianyam oleh para pengrajin. Apalagi tas berbahan rotan ini mempunyai kelebihan seperti ramah lingkungan, tahan lama, perawatan cukup mudah, dan juga banyak fungsinya. Setiap wisatawan bisa menemukan tas model ini dengan berbagai bentuk di beberapa toko yang menjual oleh-oleh Bali.

Lukisan

Salah satu cinderamata unik yang bisa langsung dibawa pulang adalah lukisan yang merupakan hasil kerajinan dari masyarakat Bali yang tinggal di Desa Kamasan yang termasuk Kabupaten Klungkung. Lukisan yang dijual ini dibuat oleh semua usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Setiap lukisan yang dijual pastinya memiliki filosofi mulai dari pewayangan atau bisa berasal dari cerita Ramayana dan juga MahaBharata. Perlu diketahui juga bahwa proses produksi lukisan yang ada di desa ini sudah dari ratusan tahun lalu dan bertahan sampai sekarang.

Kain Bali

Bali juga dikenal memiliki kain khas dan tersedia berbagai macam yang bisa dipilih wisatawan. Ada kain songket, gringsing, gedongan, prada, hingga jenis batik yang bisa dipilih salah satu untuk dibeli atau bisa juga beli semua jenis kain tersebut. Untuk membeli berbagai jenis kain maka bisa datang ke pasar tradisional yang ada di Bali dan bertemu langsung dengan penjual.

Setiap hasil kerajinan diatas tentunya harus diapresiasi dengan membelinya di toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai pilihan cinderamata. Selain Bali, daerah lainnya yang juga terkenal dengan oleh-oleh yaitu Kota Jogja yang tersedia di Jalan Malioboro dan sekitarnya. Apalagi ada banyak hotel di Jogja dekat Malioboro sehingga memudahkan para wisatawan berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai cinderamata.