Sab. Okt 8th, 2022

Ada banyak kasus investasi bodong yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, bahkan memakan korban hingga ribuan orang dengan total kerugian mencapai angka milyaran rupiah. Hal semacam ini mungkin membuat Anda menjadi agak takut jika seandainya ingin mulai berinvestasi bukan. Padahal sebenarnya investasi sendiri merupakan satu langkah yang dapat Anda lakukan agar bisa mencapai kemerdekaan finansial. Yaitu dengan cara memutar modal Anda agar mendapatkan passive income tanpa harus bekerja. Bahkan jika berbicara mengenai fasilitas investasi di era digital sekarang ini juga makin banyak, termasuk keberadaan aplikasi investasi yang mempermudah masyarakat.

Faktanya memang tidak seperti zaman dulu dimana investasi harus dilakukan secara langsung dengan datang ke kantornya atau langsung lewat salesnya. Maka di zaman sekarang Anda dapat melakukannya bahkan hanya dengan satu klik saja melalui sebuah aplikasi. Sebanyak apapun uang yang ingin diinvestasikan bahkan sampai milyaran rupiah sebenarnya dapat dimainkan secara mudah lewat sebuah smartphone.

Hanya saja memang tidak semuanya dapat dipercaya, tentu bukan hal yang baru lagi bagi Anda jika banyak hadir aplikasi untuk investasi yang bodong bukan, dimana aplikasi tersebut sudah di setting dari pusat sehingga menyebabkan kerugian kepada member atau investornya, kasus semacam ini memang yang marak terjadi belakangan, untuk itu harus berhati-hati. Jikapun ini berinvestasi lewat sebuah aplikasi investasi, maka berikut ini tips memilih aplikasi yang benar-benar aman dan terpercaya, yaitu:

  1. Proses pendaftarannya mudah dengan biaya yang murah, umumnya sebelum menggunakan sebuah aplikasi untuk investasi, maka Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu, setelah mendaftar maka harus deposit sejumlah uang agar menjadi member. Aplikasi yang aman pada dasarnya akan mempermudah proses pendaftaran atau untuk bergabung menjadi member tersebut, serta tidak memberatkan calon investor untuk biaya depositonya.
  2. Memiliki perusahaan sekuritas yang dapat dipercaya, hendaknya pilihlah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan sekuritas yang terpercaya. Jangan perusahaan abal-abal yang bahkan tidak memiliki kantor secara nyata. Karena kelak jika terjadi masalah Anda tidak tahu akan mengadu kemana, berbeda jika seandainya perusahaan sekuritas tersebut jelas dan juga punya alamat kantor yang dapat didatangi.
  3. Memiliki izin dari OJK serta BAPPEBTI, selanjutnya adalah harus memastikan bahwa perusahaan tersebut juga telah memiliki izin yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan dan juga BAPPEBTI, dimana memang kedua lembaga tersebut yang bertugas untuk mengawasi kegiatan mereka, apakah memang legal ataukah tidak. Anda juga dapat mengecek secara langsung di website resminya untuk memastikan apakah ia legal atau ilegal.
  4. Investasi yang dijalankan rasional, patut untuk diketahui bahwa di setiap investasi pasti ada keuntungan serta resikonya, hati-hati dengan investasi yang sekedar menawarkan keuntungan yang bahkan nilainya tidak masuk akal. Tidak ada investasi yang aman, semuanya pasti memiliki resiko sehingga jadilah investor yang cerdas jangan mau dibohongi hanya karena iming-iming keuntungan tinggi.
  5. Kenali sistem pengelolaan investasi Anda tersebut, misalnya Anda memilih investasi reksadana, maka harus tahu bahwa dalam investasi reksadana ini modal nantinya akan dibagi kedalam beberapa instrumen, Anda harus selektif dalam memilah-milih manakah diantaranya yang paling menguntungkan, serta harus tahu siapakah yang menjadi MI atau manager yang nantinya akan mengelola modal Anda, apakah terpercaya ataukah tidak.
  6. Perhatikan juga review serta rekomendasi dari pengguna aplikasi tersebut, jangan sekedar melihat dari iklan saja, melainkan yang tidak kalah penting Anda harus melihat dari sisi lain seperti diantaranya pihak yang sudah menggunakan aplikasi tersebut, apakah terbukti bagus ataukah tidak, perhatikan juga mengenai keamanannya.

Pilih perusahaan yang memang sudah terjamin kepercayaannya. Seperti aplikasi investasi Syailendra , mereka fokus mengelola modal untuk investasi reksadana, baik itu reksadana pendapatan tetap, saham sampai dengan reksadana campuran. Bahkan Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan MI sebelum mulai berinvestasi kesini, jadi ayo berinvestasi dengan Syailendra.