Rab. Agu 17th, 2022

Bagi kebanyakan orang, membeli mobil bekas menjadi piihan utama ketika sedang low budged. Hal tersebut dikarenakan harganya yang lebih murah sehingga dapat membeli sesuai harga yang kita inginkan. Namun hal tersebut tidaklah selalu sesuai harapan. Ada juga yang membeli bekas namun harus menguras kantong di tahun-tahun berikutnya karena kondisi mobil yang tidak bagus.

Dengan harga mobil bekas murah tidak menjamin kualitas dari mobil tersebut. maka dari itu, anda perlu berhati-hati dan betul-betul mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini, supaya tidak merugi di masa yang akan datang.

Beberapa tips di bawah ini perlu anda perhatikan dengan benar sebelum berniat untuk membeli mobil bekas. Tentu anda tidak mau bukan kalau harus mengganti dan memperbaiki ini itu dikemudian hari. Jadinya tidak akan menghemat, namun malah merugi. Maka dari itu, perhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Periksa kondisi dan aksesoris yang ada

Kodisi mobil bekas dan mobil baru tentu sangat berbeda jauh, apalagi mobil keluaran lama, tentu sudah banyak minusnya terutama pada bagian mesin dan aksesoris yang dimiliki oleh mobil tersebut.

Ketika sedang melakukan pemeriksaan pada waktu membeli mobil, hal pertama yang harus diperiksa adalah kondisi mesin pada mobil tersebut dan pastikan kondisinya benar-benar bagus. Mobil harus mudah di starter, suara mesin tidak kasar karena jika suaranya kasar tentu ada yang salah dengan mesinnya, dan juga periksa kondisi kabel dan lainnya, pastikan tidak ada kebocaoran mesin yang terjadi.

Setelah itu, periksa kondisi interior pada mobil seperti AC, swicth lampu apakah masih berfungsi dengan baik, dan juga sistem audio apakah masih bisa digunakan atau tidak. Kemudian etelah selesai ngecek keadaan tersebut, dilanjut cek kondisi jok mobil, apakah masih nyaman untuk diduduki atau tidak. Karena kenyamanan dalam berkendara adalah hal utama bagi pengendara.

Setelah memeriksa bagian interiornya, selanjutnya adalah memeriksa bagian eksterior yaitu body mobil. Pastikan body dan sparepart lainnya masih dalam keadaan bagus dan orsinil. Seperti rangka atau chassis, kaca spion, pintu, kap mesin dan lain sebagainya.

2. Tidak tertarik dengan harga miring

Memang betul, pilihan untuk membeli mobil bekas salah satu alasannya adalah harga yang lebih murah dibanding dengan mobil baru dan tentu harganya juga dapat disesuaikan dengan budged yang kita miliki.

Berkaitan dengan hal tersebut tidak lantas membuat kita langsung tergiur dengan harga miring yang ditawarkan. Karena harga yang lebih murah dari pasaran akan memiliki kualitas yang lebih renda. Meskipun tidak semua akan seperti itu, namun tidak ada salahnya jika kita mewaspadai akan hal tersebut supaya tidak merugi dikemudian hari.

3. Pastikan dokumen lengkap

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh mobil tersebut. hal ini tentu sangat berpengaruh pada penggunaan mobil dan peraturan berlalu lintas serta harga jual kedepannya.

Dokumen-dokumen tersebut seperti STNK, BPKB dan faktur. Cocokan nomor rangka dan nomor mesin pada mobil tersebut. pasikan nomor-nomor tersebut sesuai antara kondisi fisik dengan surat yang ada. Demi menjaga kepercayaan, pastikan mobil yang akan kita beli bernama asli pemiliknya dari STNK dan BPKB yang dimiliki.

Dengan mempertimbangkan berbagai hal di atas, alangkah baiknya jika anda juga membawa montir berpegalaman yang sudah menjadi langganan anda untuk dapat membantu dalam pengecekan mobil yang akan anda beli supaya benar-benar tau kondisi mobil yang ada apakah masih layak atau tidak dan sesuai dengan budged atau tidak. Honda civic bekas dapat anda jadikan pilihan ketika ingin membeli mobil bekas dengan kualitas dan harga yang begitu bersahabat.