Sab. Okt 8th, 2022

Rumah merupakan kebutuhan bagi setiap orang yang membutuhkan tempat tinggal untuk masa depan. Bagi pasangan baru dan yang sudah mempunyai pekerjaan, biasanya akan menabung penghasilannya yang digunakan untuk mempunyai hunian sendiri. Akan tetapi tidak perlu mengumpulkan uang yang cukup untuk membeli rumah. Sekarang ini Anda bisa melakukan pembelian rumah dengan mengandalkan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Siapkan dulu dp yang bisa digunakan untuk mengajukan KPR rumah yang diinginkan. Selain itu gunakan beberapa cara berikut ini agar membantu KPR hunian yang diinginkan akan lebih murah:

1. Siapkan syarat lengkap

Ketika mengajukan KPR tentunya akan dilakukan ke pihak yang terkait yaitu ke bank. Pembayaran tersebut akan menjamin keamanan yang diberikan sehingga pembayaran yang dilakukan juga lebih aman. Bagi yang ingin mengajukan KPR, pertama tentunya perlu untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Pastikan untuk mengetahui apa saja syarat dokumen yang dibutuhkan tersebut. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat pengurusan KPR tersebut juga akan bisa menjadi lebih cepat. Selain itu dokumen yang perlu disiapkan juga akan bisa menjadi faktor agar pengajuan KPR dapat disetujui. Caranya hanya tinggal mengisi dan menyerahkan dokumen sesuai dengan kenyataan dan tidak melakukan pemalsuan dokumen yang bisa merugikan Anda sendiri kedepannya.

2. Performa finansial

Ketika akan mengajukan KPR juga penting untuk menilai dan mempunyai finansial yang terjamin. Sehingga hal tersebut juga akan membantu untuk pengajuan KPR dapat disetujui dan tidak ditolak oleh pihak bank. Agar membuat pengajuan KPR disetujui dan kalkulator KPR menjadi lebih murah, maka perhatikan juga performa finansial yang dipunyai. Pastikan agar tidak mempunyai masalah keuangan ataupun kredit di tempat lainnya yang masih dilakukan. Apabila masih mempunyai tanggungan, maka sebelumnya tutup terlebih dahulu kredit yang dipunyai sehingga membuat pengajuan KPR bisa disetujui. Dengan mempunyai kredit akan membuat KPR yang diajukan akan tidak diproses dan tidak lolos.

3. Sesuaikan dengan kemampuan

Murah tidaknya cicilan KPR yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dipunyai. Sehingga murah bagi Anda belum tentu bagi orang lain dan sebaiknya. Oleh karena itulah sebelum memilih jumlah KPR yang akan dibayarkan setiap bulannya, maka sesuaikan dengan kemampuan finansial yang dipunyai. Sebelumnya Anda akan perlu membayar DP terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan yang umumnya adalah 30% dari harga rumah. Setelahnya baru bisa memilih besar cicilan yang murah tergantung dari kemampuan finansial yang dipunyai dan kebutuhan keuangan bagi keluarga agar tidak memberatkan pembayaran.

4. Memilih rumah yang sesuai

Hal terakhir yang akan membuat mendapatkan KPR menjadi lebih murah adalah dengan memilih rumah yang sesuai. Pastikan untuk memilih rumah yang akan dibeli terlebih dahulu dengan memperhatikan lokasi yang bagus dan juga strategis. Selain itu juga sesuaikan rumah tersebut dengan kebutuhan yang dipunyai seperti garasi dan juga ruang lainnya untuk mendapatkan rumah yang tepat dan nyaman. Baru selanjutnya bisa memilih besarnya cicilan yang sesuai dengan kemampuan bayar Anda.

Di atas merupakan beberapa tips membuat kalkulator KPR yang dipilih akan bisa lebih murah. Bagi yang ingin membeli rumah dengan KPR, bank menyediakan pilihan yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dana yang dipunyai, dan juga kemampuan bayar Anda. Salah satu bank yang menyediakan produk KPR tersebut adalah di BCA yang menyediakan KPR untuk pembelian dan renovasi rumah impian, sehingga bisa memilih KPR sesuai dengan kebutuhan. Cek informasi lengkapnya di https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR/KPR-First.