Sab. Okt 8th, 2022

Dibandingkan dengan membeli mobil baru yang harganya sangat mahal, banyak orang yang lebih memilih menggunakan uang mereka untuk membeli kendaraan bekas. Toh sama saja yang dicari adalah fungsinya, agar bisa dikendarai secara nyaman untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Apalagi mobil bekas murah juga tersedia cukup banyak di pasaran. Ini memang bisa jadi pilihan yang paling bijak dibandingkan dengan Anda harus memaksakan diri membeli kendaraan baru namun kredit atau hutang.

Berbicara mengenai kendaraan roda empat ini sendiri, jika dilihat dari segi merk yang hadir di pasaran ada banyak sekali. Mulai dari produk lokal sampai dengan import. Namun pada dasarnya semua punya karakteristik yang berbeda-beda, begitu juga dengan harga jualnya, mulai dari angka ratusan juta rupiah sampai dengan milyaran rupiah ada. hanya saja orang bijak pastinya akan lebih mengutamakan pada kualitas serta fungsi dibandingkan dengan harga.

Tawaran mobil bekas murah di pasaran memang banyak sekali, bahkan dewasa ini tak sekedar sistem penjualan secara langsung saja. Melainkan jika dilihat juga ada yang menjualnya secara online Anda cukup membuka situs yang terpercaya dan beli disana. Hanya saja jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murahnya saja, berikut ini ada beberapa kesalahan yang patut dihindari ketika membeli kendaraan bekas, hindari membeli 3 mobil bekas ini, yaitu:

1. Membeli mobil bekas terkena banjir, faktanya sendiri kendaraan yang baru saja terkena banjir memang dijual dengan harga yang sangat murah. Bukan tanpa alasan, melainkan karena sebagian kondisi mesinnya sudah tidak seprima atau sebagus dulu, hal ini dikarenakan sudah pernah terendam air dan juga terkena lumpur. Sehingga meskipun jika dilihat dari segi penampilannya sendiri masih oke, namun jika seandainya dilihat dari segi performa atau bagian dalamnya tidak lagi seoptimal dulu. Anda hanya akan keluar banyak uang untuk perbaikan atau servisnya, untuk itu sebaiknya dihindari.

2. Mobil tanpa dokumen-dokumen yang lengkap, hal lainnya yang juga harus dihindari adalah membeli kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat penunjang, entah itu BPKB, STNK dan sejenisnya. Mobil semacam ini nyatanya juga banyak diperjualbelikan dengan harga yang sangat murah, di bawah harga pasaran aslinya. Namun harus tahu bahwa memang kebanyakan diantara kendaraan tanpa dokumen resmi adalah kendaraan hasil curian, jadi jika seandainya Anda membelinya percuma mobil tersebut tak akan bisa dijual kembali. Selain itu resikonya juga tinggi karena akan berhubungan dengan hukum, Anda bisa saja sewaktu-waktu terjerat kasus hukum karena dianggap sebagai penadah barang curian.

3. Mobil bekas kecelakaan parah, kondisi mobil bekas kecelakaan parah ada yang masih bisa digunakan setelah mengalami beberapa perbaikan di sana maupun sini, namun dijual dengan harga yang jauh lebih miring. Meskipun demikian sebaiknya jangan sekali-kali Anda membelinya. Bisa jadi kendaraan tersebut mengalami kecelakaan karena ada bagian mesin yang cacat, sehingga berpotensi untuk memberikan masalah yang sama pada pengendaranya.

Meskipun 3 jenis kendaraan tersebut dijual dengan harga sangat rendah, namun ada baiknya tidak Anda beli jika tak ingin menyesal. Masih ada banyak alternatif lain mobil bekas murah yang bagus untuk dijadikan sebagai pilihan, salah satunya adalah beli dari Moladin. Beli mobil bekas di era digital jadi semakin mudah lewat platform jual beli mobil bekas terpercaya yang satu ini, karena cukup dengan satu klik saja.