Kam. Des 8th, 2022

Liontin berbahan emas menjadi perhiasan berharga sejak dulu kala. Seiring perkembangan zaman, liontin emas juga menawarkan lebih banyak model dan bentuk. Liontin dari emas dengan tambahan berlian adalah yang paling disukai oleh wanita. Pasalnya keindahan berlian bisa membuat logam emas menjadi lebih sempurna.

Namun saat ingin membeli liontin dari emas dan berlian, Anda harus melakukan beberapa pertimbangan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan liontin yang cantik dan berkualitas. Berikut ini adalah panduan membeli liontin, terutama untuk Anda yang baru pertama kali membelinya.

Tentukan Budget

Liontin berlian merupakan perhiasan yang identik dengan harga tinggi. Ada beberapa hal yang berpengaruh pada harganya seperti harga emas, kualitas berlian, dan juga toko tempat membeli. Sebelum membeli sebaiknya Anda menentukan budget terlebih dahulu. Pastikan keuangan Anda tidak terbebani setelah membeli liontin. Pertimbangan budget bisa dilakukan dengan mencari informasi harga liontin berlian di internet.

Cari Tahu Harga Emas Harian

Setelah menentukan budget, Anda harus mencari tahu harga emas harian sebelum datang ke toko perhiasan. Emas merupakan logam mulia yang harganya fluktuatif, artinya bisa naik dan turun setiap hari. Pastikan membeli liontin emas saat harga emas harian sedang turun. Jadi Anda bisa mendapatkan liontin dengan harga lebih murah.

Pahami Perhitungan Kadar Karat

Kadar karat menentukan kemurnian dari sebuah emas. Anda wajib memahami perhitungan kadar karat untuk mengetahui kualitas liontin. Emas murni memiliki kadar karat 100% yang juga ditulis dengan istilah 24K. Tidak ada liontin dari emas murni karena cenderung lembek. Liontin menggunakan emas yang sudah ditambahkan bahan lain seperti timah, nikel, dan tembaga. Rekomendasi kadar karat yang berkualitas untuk liontin adalah 18K atau 75% emas murni dan 25% logam campuran.

Pilih Liontin dari Emas Padat

Ada dua jenis liontin dari emas yang dijual di pasaran yaitu emas padat dan emas lapis. Emas lapis merupakan jenis emas yang harganya lebih terjangkau. Pasalnya emas hanya ada di bagian lapisan luarnya saja, sedangkan dalamnya menggunakan logam lain. Emas lapis lama kelamaan akan pudar dan berubah warna sesuai dengan warna asli. Meskipun jauh lebih murah, pastikan Anda memilih emas padat untuk liontin emas terbaik. Harganya memang lebih tinggi namun kualitas dan keindahannya jauh lebih baik.

Pahami Kualitas 4C Berlian

Liontin yang menggunakan berlian jauh lebih menawan dibandingkan liontin polos biasa. Jika Anda memutuskan untuk membeli liontin berlian, pastikan untuk memahami kualitas berlian tersebut. Kualitas berlian ditentukan oleh faktor 4C yang terdiri dari color atau warna, clarity atau kejernihan, carat weight atau berat karat, dan cut atau asahan. Semakin berkualitas sebuah berlian, harganya akan berpengaruh pada liontin yang akan Anda beli.

Beli di Toko Terpercaya

Panduan membeli liontin yang terakhir adalah mempertimbangkan toko perhiasan tempat membelinya. Sebaiknya cari toko yang kredibel dan terpercaya. Toko tersebut akan memberikan sertifikat sebagai jaminan keaslian emas dan berlian. Sertifikat emas biasanya dari SNI sedangkan berlian berupa sertifikat GIA.

Itulah panduan membeli liontin emas berlian yang bisa Anda lakukan. Mudah bukan? Rekomendasi toko perhiasan terpercaya yang menawarkan beragam liontin berkualitas adalah The Palace Jeweler. Sudah ada lebih dari 35 gerai yang tersebar di kota-kota besar. Kunjungi gerai terdekat dan dapatkan liontin favorit Anda. Hampir semua koleksi liontinnya menggunakan bahan emas dengan hiasan berlian. Jika ingin melihat modelnya, kunjungi dulu website resmi The Palace Jeweler yaitu www.thepalacejeweler.com.