Sab. Okt 8th, 2022

 

 

Kredit Kepemilikan Rumah atau lebih dikenal dengan sebutan KPR sudah cukup familiar di masyarakat Indonesia. ini merupakan salah satu produk perbankan untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan cepat tanpa menunggu uang terkumpul banyak. Artinya dengan uang muka ringan sudah bisa mendapatkan rumah impian. Tidak percaya? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tuntas seperti apa kredit rumah tersebut sampai dengan simulasi KPR untuk menghindari Anda dari pembayaran mogok di jalan.

Banyak perusahaan perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pinjaman pembayaran rumah. Salah satunya BCA, dimana bank satu ini menawarkan pinjaman KPR untuk perorangan ataupun untuk badan usaha. Meskipun sebenarnya banyak bank lain yang menawarkan produk serupa, namun Anda bisa coba untuk melakukan perbandingan dan pertimbangan sebelum akhirnya menentukan. Untuk membantu Anda memilih yang tepat seperti apa, berikut ini pertimbangan penting yang bisa dilakukan yaitu:

1. Pertimbangan besaran pinjaman.

Satu dengan bank lain memiliki besaran pinjaman yang berbeda, ini tentu berdasarkan dari harga rumah Anda. Umumnya bank akan memberikan pinjaman besar kecil sesuai dengan kemampuan, jadi melihat beberapa persyaratan.

2. Bunga yang ditanggungkan.

Inilah yang menjadi pertimbangan utama, dimana bunga yang terlalu besar akan membuat Anda merasa kewalahan. Bank BCA meyakini memberikan bunga yang jauh lebih ringan dari pada lainnya, coba untuk lakukan pengecekan.

3. Waktu atau tenor.

Berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk melakukan pembayaran, umumnya ini bisa dari 1 tahun sampai dengan puluhan tahun tergantung dari berbagai hal.

4. Persyaratan yang ditentukan.

Pilih bank yang memberikan persyaratan tidak memberatkan dan memberikan kemudahan bagi Anda yang akan melakukan pengajuan. Sehingga hal itu akan membuat proses lebih cepat dan tentunya tidak perlu waktu lama.

Diatas merupakan beberapa hal penting yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam memilih bank yang akan digunakan. Misalnya saja bank BCA yang hadir dengan bunga rendah, tenor panjang dan pinjaman yang cukup besar mulai dari ratusan sampai dengan milyaran. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pengajuan KPR, ada baiknya untuk melakukan simulasi KPR terlebih dahulu. Jangan salah, ada beberapa keuntungan ketika Anda melakukan perhitungan atau simulasi dari awal seperti:

  1. Mendapat gambaran mengenai besaran bunga.
  2. Mendapat gambaran besaran cicilan setiap bulan.
  3. Bisa memperhitungkan mengenai waktu, besar kecilnya cicilan ataupun lainnya dengan pendapatan setiap bulan.
  4. Menghindari kemungkinan terjadinya penunggakan pembayaran akibat masalah keuangan ditengah jalan.

Bank BCA sendiri saat ini sudah memberikan kemudahan kepada para nasabahnya untuk melakukan perhitungan diawal sebelum pengajuan. Simulasi tersebut berbentuk aplikasi atau online yang bisa Anda gunakan langsung tanpa kerepotan. Jadi pada perhitungan itu Anda hanya perlu memasukkan jumlah pinjaman, bunga bank tersebut, waktu yang Anda ambil untuk melakukan pembayaran. Setelah itu mesin secara otomatis akan melakukan perhitungan dan memunculkan perkiraan cicilan Anda setiap bulan.

Jika memang sudah mantap dengan pembelian rumah melalui KPR, semoga diatas bisa sedikit menambah pengetahuan sebelum akhirnya melakukan pengajuan. Dikatakan simulasi KPR itu penting, apalagi setelah Anda mengetahui beberapa keuntungan seperti diatas. Jika memang ada pertanyaan mengenai KPR dari BCA ataupun syarat dan langkah-langkahnya. Bisa coba langsung saja menuju website BCA di laman https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR/KPR-First.