Kam. Des 8th, 2022

PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM merupakan situs jualan online yang baru muncul setelah diperkenalkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada tahun 2020. Situs jualan online ini bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM serta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

Platform jualan online ini nantinya akan jadi bagian penting dalam perjalanan ekonomi Indonesia. Ya, platform jualan online PaDi UMKM akan menjadi tempat yang mempertemukan UMKM dan BUMN ketika BUMN ingin melakukan pengadaan barang dan jasa. Tetapi produk atau jasa yang ditawarkan di situs jualan online PaDi UMKM maksimal di angka Rp14 milliar. Di atas nominal tersebut maka masih berlaku sistem tender.

Tentu platform jualan online ini sangat menguntungkan banyak pihak nantinya. Bagi BUMN, tentu platform jualan online ini semakin memudahkan proses pengadaan barang dan jasa mereka. Terlebih lagi proses transaksi pengadaan barang dan jasa melalui PaDi UMKM tidak perlu dilakukan secara tatap muka.

Bagi pemerintah, platform jualan online ini menjadi salah satu media yang akan mereka gunakan untuk memonitor belanja BUMN terhadap UMKM. Dengan rekam jejak digital yang jelas tentu semakin memudahkan pemerintah dalam mengontrol anggaran yang dikeluarkan.

Bagi UMKM sendiri, tentu platform jualan online ini menjadi salah satu cara atau jalan yang membuka akses pasar mereka lebih luas. Karena PaDi UMKM memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan transakasi dari masyarakat luas layaknya Anda berjualan di situs jualan online lainnya.

Belum lagi, anggaran belanja BUMN di setiap tahunnya mencapai Rp300 triliun lebih. Tentu harus diserap dengan sebaik-baiknya untuk daftar UMKM.

Memang agak unik, platform jualan online ini dikembangkan oleh Kementerian BUMN, tetapi keberpihakan kepada UMKM sangatlah tinggi. Itulah pentingnya sinergi antar kementerian demi kemajuan Indonesia khususnya di bidang ekonomi.

Saat ini tercatat sudah ada 30ribu unit UMKM yang sudah bergabung dengan platform jualan online PaDi UMKM. Dan diharapkan akan bertambah di sepanjang tahun 2022 ini.

Hal ini sangat baik bagi perekonomian. Apalagi jika PaDi UMKM bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka bisa dipastikan pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini sedang lesu bisa semakin cepat dilakukan.

Belum lagi jika UMKM mendapatkan pengawasan juga khususnya dalam kualitas produk. Kualitas produk yang bagus tentu dapat menambah harga jual mereka. Terlebih, jika mereka ingin memasarkan produk mereka hingga tahap internasional.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas untuk masuk ke dunia digital. Lakukan sekarang juga dengan jualan online di PaDi UMKM!