Rab. Mei 18th, 2022

Mencret atau yang dikenal juga sebagai diare pada dasarnya merupakan sebuah kondisi ketika feses seseorang berubah menjadi lembek atau cair, disertai dengan keinginan untuk buang air besar secara terus-menerus. Pastinya kondisi yang satu ini menyebabkan rasa yang kurang nyaman disertai dengan mengganggu aktivitas Kamu bukan. Ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu diare, kebanyakan memang disebabkan karena gaya hidup yang kurang bersih, suka jajan sembarangan dan juga minum minuman yang tidak steril.

Namun ternyata ada juga faktor lain yang jadi penyebab mencret dari Diarepedia, diantaranya adalah makanan yang dikonsumsi. Ternyata kesalahan di dalam pola makan, sembarangan di dalam mengonsumsi makanan juga bisa memicu gangguan pada sistem pencernaan tersebut, berikut ini diantara jenis makanan yang dapat memicu mencret tersebut, diantaranya adalah:

  1. Makanan pedas, rasa pedas di dalam makanan memang dapat secara efektif meningkatkan nafsu makan. Namun juga patut untuk diketahui bahwa kandungan capsaicin yang ada di dalam makanan pedas ini punya efek yang panas sehingga nantinya dapat mengiritasi asam lambung selama proses pencernaan tersebut berlangsung. Hal inilah yang nantinya dapat memicu gangguan perut layaknya mulas sampai dengan diare, buang air besar bisa berkali-kali.
  2. Pengganti gula, Kamu yang mengonsumsi aneka jenis makanan atau minuman yang dijual di pasaran juga harus berhati-hati, apalagi jika seandainya bahan makanan tersebut menggunakan pengganti gula, karena pemanis buatan layaknya sakarin, aspartam, alkohol gula dan sejenisnya memang dapat memicu masalah pada pencernaan, termasuk diantaranya juga bisa menyebabkan diare.
  3. Susu serta produk olahannya, beberapa orang memiliki kecenderungan intoleransi laktosa atau alergi pada laktosa biasanya akan mengalami diare setelah mengonsumsi produk dari susu sapi. Mulai diantaranya adalah susu segar, keju, butter serta aneka olahan yang lainnya, sehingga harus mengecek dulu kandungan makanan yang akan Kamu konsumsi, karena ditakutkan akan memicu terjadinya diare.
  4. Kopi, pada dasarnya kafein sendiri memang memiliki efek pencahar bagi tubuh, sehingga banyak orang yang mengalami diare atau buang air besar berkali-kali setelah mengonsumsi kopi. Untuk itu sebaiknya batasi konsumsi kopi Kamu dalam sehari. Bagi yang benar-benar tidak dapat mengonsumsi kopi sebaiknya pilih alternatif minuman yang lainnya saja.
  5. Fruktosa, dikenal juga sebagai gula alami yang didapatkan dari buah, jika seandainya dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka hal ini akan memicu beragam masalah kesehatan, termasuk diantaranya juga dapat memicu diare. Selain dari buah-buahan sekarang ini fruktosa juga banyak terdapat di dalam permen, minuman ringan sampai dengan makanan ringan dengan bahan pengawet didalamnya.
  6. Brokoli dan kembang kol, sayuran ini banyak disukai oleh masyarakat, karena memang cita rasanya yang nikmat serta kaya akan kandungan gizi. Namun memang kandungan gas yang ada didalamnya tinggi. Perhatikan juga jumlah yang Kamu konsumsi, jangan berlebihan atau jika tidak nantinya akan memicu gangguan pencernaan yaitu diare. Makan dalam porsi kecil saja atau secukupnya.

Itulah diantaranya makanan yang bisa jadi penyebab mencret atau diare dari Diarepedia, sehingga penting bagi Kamu untuk pilah-pilih menu makanan yang tepat untuk dikonsumsi, jangan berlebihan atau bisa berdampak pada gangguan pencernaan ini. Apalagi jika pada dasarnya sudah punya alergi pada bahan-bahan makanan tertentu, sebaiknya Kamu menghindarinya mengganti dengan konsumsi makanan yang lain. Karena jika sudah terkena diare tubuh sendiri yang akan merasa kurang nyaman.